Langsung ke konten utama

15 Makanan ketika tersesat di hutan

15 Makanan Ketika Kalian Tersesat di Hutan atau Sedang di Gunung
  Hello guys kembali lagi besama saya YanssBlog,kali ini saya akan memberikan sedikit informasi.
Pernahkan kalian berkemah di hutan atau hiking di gunung..?? kehabisan logistik atau bahan makanan di hutan atau gunung bisa saja kita alami.Atau mungkin kalian males membuka tas kalian karena takut berantakan tetapi kalian sudah mulai lapar. Jangan khawatir saat ini saya akan berbagi informasi tentang makanan-makanan survival yang dapat dicari di sepanjang jalan di hutan atau di gunung......

  Sebelum itu saya akan memberitahukan Ciri umum tumbuhan yang dapat dimakan:

-Bagian tumbuhan yang masih muda ( pucuk/tunas)
-Tumbuhan yang tidak mengandung getah
-Tumbuhan yang tidak berbulu
-Tumbuhan yang tidak berbau kurang sedap
-Tumbuhan yang dimakan oleh hewan mamalia misal : kera
Oke kita lanjutkan,ini lah makanan-makanan survival yang kalian bisa temukan di sepanjang perjalanan hutan ataupun gunung.

1. Murbai/Bebesaran (Morus)
  nah ini adalah buah yang menyegarkan tenggorokan. permukaan buah ini mirip dengan stroberi. buah yang hidup di suhu dingin ini manis ( jika sudah matang ) tapi menurut saya biarpun yg masih muda terasa kecut tapi tetap saja rasanya segar
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
2. Kacang dan Kedelai
  Inilah alternatif makanan yang relatif gampang didapatkan di alam liar. Selain itu, bertahan hidup dari kacang dan kedelai bisa memudahkan kita untuk membagi porsi dengan teman.
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
3. Ciplukan/Cecendet/Ceplukan/ (Physallis peruviana L)
  buah yang rasanya manis ini dapat kita temukan di daerah yg terbuka. karena buah ini banyak membutuhkan sinar matahari. buah ini tertutup bungkus berbentuk kuncup sebesar kelereng. ternyata buah ini dapat mengobati penyakit seperti penyakit paru-paru basah dan sakit perut
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
4. Calingcing (Oxalis corniculata Linn)
  buah ini rasanya asam enak sekali jika dimakan dengan yg pedas. bisa kaya rujak  buah ini mirip belimbing hanya saja bentuknya lebih kecil (sangat kecil) daun dan batangnya juga bisa dimakan. tanaman ini bisa dijadikan obat flu atau demam
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
5. Semangka dan Blewah
  Di beberapa jenis hutan homogen seperti hutan pinus, biasnaya ada buah-buahan dengan kadar air tinggi. Misalnya seperti semangka ataupun blewah. Buah ini bisa awet hingga tiga hari dengan kadar air yang yang cukup untuk survival.
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
6. Cantigi (Vaccinium varingiaefolium)
  pohon kecil ini sering kita jumpai kalo kita hiking ke gunung. bagian tumbuhan ini dapat kita makan pada ujung daunnya yg berwarna merah. rasanya asam kecut seperti buah belimbing (menurut saya) rasanya yg segar lumayan membuat tenggorokan kita puas jika kita kehausan pada saat perjalanan di gunung
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
7. Kol dan Kubis
  Alternatif pengisi perut darurat lainnya adalah sayuran. Sayuran seperti kol dan kubis liar mudah dicari dan bisa dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Hal itu setali tiga uang dengan kembang kol atau brokoli.
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
8. Stevia (Stevia rebaudiana)
  tanaman ini rasanya manis, semanis tanaman ini bahkan bisa menggatikan gula bagi penderita diabetes, tumbuhan ini dulunya berasal dari dataran Amerika tapi sekarang banyak tumbuh di dataran Jawa dan Sumatra.
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
9. Beri
  Kalau kamu cukup teliti untuk melihat di permukaan tanah, ada beberapa jenis buah beri yang tumbuh di tengah tumbuhan pakis atau tanaman paku yang rendah. Tetaplah hati-hati, karena buah beri juga ada yang beracun.
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
10. Poh Pohan
  namanya poh-pohan, rasanya emang agak pahit tapi kalo dipake buat lalapan atau sayuran mantep bener deh rasanya. sering ditemuin di sekitar lembahan , pohonnya pendek tapi awas jangan salah petik gan, kalo ini daun wanginya harum
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
11. Honje
  namanya honje, dimakan buah atau bunganya rasanya seger kaya jambu air, cocok buat ngilangin haus, sering juga ditemuin di lembahan dan tempat lembab.
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
12. Kelapa
  Kalau kamu sedang tersesat di daerah seperti pesisir pantai, maka buah kelapa adalah salah satu alternatif yang terbaik untuk survival. Kemungkinan, kita akan menemukan buah kelapa yang sudah tua.
Tapi tidak masalah, karena airnya masih bisa dikonsumsi. Lebih baik daripada tidak sama sekali, kan?
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
13. Jamur (Mushroom)
  tumbuhan seperti payung ini pasti sangat familiar. bisa buat sayur atau oseng-oseng tapi hati2 banyak jamur yg beracun contohnya magic mushroom
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
14. Begonia
  tumbuhan ini banyak terdapat di hutan hujan tropis. banyak dijumpai di gunung Raung. dapat dimakan pada batangnya. rasanya asam asam belimbing sayur.
Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
Dan yang terakhir adalah
15. Hewan
  Sumber penghidupan di tengah ketidakpastian yang absolut ya tentu saja hewan. Terpaksa kalian membunuh dan memakan binatang mamalia, ikan, atau unggas bisa jadi solusi.
Kita bisa mengolahnya menjadi menu lezat, daripada putus asa dan mengonsumsi daun-daunan yang tak jelas dampaknya untuk tubuh. Di kondisi tertentu, reptil juga bisa jadi alternatif untuk dikonsumsi, lho.
 Gambar:
ikan, jamur, kelapa, kubis, Murbai, Bebesaran, morus, Kacang,kedelai, Ciplukan, cecendet, ceplukan, Physallis peruviana L, Calingcing, Oxalis corniculata Linn, semangka, blewah, cantigi, beri, kol, stevia, poh pohan, honje, mushroom, begonia, hewan, mamalia, reptile, makanan, makanan survival, makanan tersesat, makanan hutan, tesesat, tersesat di hutan, tersesat di gunung, buah bisa dimakan, tumbuhan, tumbuhan seperti paying, jamur enak, jamur sedap, air kelapa, kesegaran air kelapa, kol dan kubis, blewah manis, blewah segar, kacang-kacangan, kedelai manis, masakan survival, masakan gunung, masakan hutan, berkemah, naik gunung, hiking, info makanan, info makanan gunung, info makanan hutan, cara bertahan hidup, cara bertahan hidup dengan seadanya,
ada juga langkah2 yg harus kita ketahui agar kita tidak salah makan tumbuhan 
 Langkah-langkah yang diperlukan apabila akan memakan tumbuhan :
-Makan tumbuhan yang sudah dikenal
-Makan jangan hanya satu jenis tumbuhan saja
-Jangan memakan tumbuhan yang buahnya berwarna ungu karena dikhawatirkan mengandung racun alkaloid

-Cara memakan buah-buahan yang belum kita kenal adalah dengan mengoleskan sedikit ke tangan tunggu reaksinya, apabila tidak ada rasa aneh (panas, pahit ) berarti cukup aman kemudian ke bibir, lidah dengan prosedur yang sama setelah itu di makan tunggu 30 menit apabila tidak ada reaksi berarti aman.

-Sebaiknya masaklah terlebih dahulu bagian tumbuhan yang akan dimakan
Sudah dulu sampai sini ya guys,semoga bermanfaaat.....
Terimakasih telah berkunjung di blog saya
Note: Iformasi ini juga bisa kalian manfaatkan apabila kalian tersesat di hutan

Komentar

  1. wah saya jadi pengen nyoba poh pohan, apa iya enak gan?

    BalasHapus
  2. Mantap tipsnya gan, kalo ke hutan yang dikangenin emang toko ind*mrt dan Alf*mrt...hehehehe

    BalasHapus
  3. ohh yg no.3 itu bisa dimakan? wktu masih bocah (skrg jg masih bocah sih) sy suka bilang ke teman2 klo itu makanan ular. hahhaha

    BalasHapus
  4. elvanditama.com
    gan coba buatin artikel jamur yang ada dihutan dan boleh dimakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek artikel saya aja mas tentang 15jamur yg bisa di makan

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanaman hias berbahaya

Indah namun berbahaya,ini lah tanaman hias membahayakan dan bisa menyebabkan kematian he Hello bro kali ini gue akan kasih beberapa info soal tanaman,siapa sangka tanaman-tanaman hias ini bisa jadi berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. Dan inilah 10 Tanaman hias berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. 1.Dieffenbachia   Siapa yang tak tahu Dieffenbachia atau dikenal dengan sebutan daun bahagia merupakan tanaman hias populer yang biasa ditanam di pekarangan. Getah daun dan batang Dieffenbachia mengandung kalsium oksalat yang dapat menyebabkan gatal-gatal maupun kejang pada bibir dan lidah. Sebaiknya, jauhkan tanaman ini dari anak-anak dan hewan peliharaan, karena mereka rentan akan bahaya tanaman ini. Jadi anaknya selalu di perhatikan ya Bunda. Gambar: 2.Wisteria   Wisteria merupakan tanaman hias yang sangat populer terutama di China & Jepang. Namun siapa sangka  biji yang diproduksi oleh tanaman ini cukup beracun. Semua bagian tanaman mengandung sapo

15 jenis jamur yang bisa dimakan

15 Jenis jamur yang bisa dimakan dan rasa nya enak,bakal ketagihan.......  Hello guys kembali lagi bersaama saya Yanss,kali ini saya akan memberikan  informasi kepada kalian semua tentang Jamur yang bisa dimakan dan rasanya enak,tidak beracun namun menyehatkan. Dan ini lah 15 jamur yang bisa dinamakn. 1. Jamur Tiram   Jamur tiram sangat banyak dijual di pasaran. Bentuknya putih, lebar, bergerombol seperti payung, dan menyerupai cangkang tiram. Banyak ibu menyukai jamur ini untuk dijadikan hidangan jamur crispy yang renyah dan gurih. Gambar: 2. Jamur Kancing                                                Selain jamur tiram, jamur kancing juga mudah ditemui di supermarket. Bentuknya bulat mirip kancing dan sering dikreasikan dalam masakan seperti lumpia isi kornet jamur atau masakan Barat sejenis pastry. Gambr: 3. Jamur Merang   Jamur berbentuk bulat telur ini tidak mudah berubah bentuk saat dimasak. Selain itu rasanya enak dan gurih. Kandungan proteinnya c

Dampak positif dan negatif meminum kopi

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF MEMINUM KOPI Hello bersama lagi bersama saya di Yanssblog kali ini saya akan memberikan informasi tentang Efek Positif Dan Negatif Meminum Kopi Suka minum kopi ....? Ketika seseorang hendak bangun pagi, bersantai atau bahkan bekerja sekalipun maka tak jarang orang selalu mengandalkan kopi sebagai minuman pendamping.   Sebagai salah satu minuman yang paling populer di dunia, kopi yang mengandung kafein ternyata memiliki efek samping negatif maupun positif bagi kesehatan, namun perlu di ingat bahwa efek negatif kopi hanya berlaku jika diminum secara berlebihan dan beberapa efek dari kopi di antaranya adalah: 1. Efek positif Kopi ·        Kopi dapat membantu meredakan sakit kepala, banyak dari obat sakit kepala dan migrain mengandung kafein dalam jumlah kecil. ·        Kopi merupakan antioksidan efektif. ·        Kopi merupakan diuretic yang baik. Minum kopi membuat orang sering kencing . Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat