Langsung ke konten utama

4 jenis obat yang di salah gunakan oleh remaja

4 Jenis Obat yang di Salah Gunakan Oleh Remaja
Hallo bersama lagi bersama saya di blog Yanssblog, kali ini saya akan membahas 4 obat yang di salah gunakan oleh para pemuda/remaja

Eximer
  Eximer adalah obat dengan kandungan utama berupa Chlorpromazine yang berperan sebagai antipsikotik yang bekerja memblok reseptor dopamine di postsinaptik otak sehingga mempengaruhi metabolisme basal dan temperatur tubuh. Pada dasarnya, obat ini hanya diperuntukkan untuk orang yang mengalami gejala psikotik atau gangguan jiwa (skizofrenia) dan tidak dianjurkan digunakan sebagai penenang (sedative) untuk orang yang tidak mengalami gangguan jiwa (normal).

  Jadi kalian jangan menyalah gunakan obat ini karena jika kalian menyalahgunakan tanpa resep dokter/dosis tertentu bisa menyebabkan overdosis , kalau jantung kalian tidak kuat bisa mengalami kematian. Biasanya obat ini di komsumsi oleh remaja dan biasanya obat ini di jual di tempat-tempat kosmetik/kecantikan (menurutu berita yang ada)  

Tramadol
  Tramadol adalah obat golongan analgetik  opioid (analagetik narkotik lemah) yang mekanisme kerjanya yaitu bekerja secara sentral (di otak) dengan menghambat pengambilan kembali noradrenergik dan serotonin neurotransmission dengan rute pemberian secara oral, parenteral, intravena dan intramuscular. Obat ini digunakan untuk mengurangi rasa nyeri dari sedang sampai ke berat (terutama untuk pasien pasca operasi)  sehingga tidak boleh diberikaan pada pasien percobaan bunuh diri, alkoholisme, cedera kepala, kondisi dimana terdapat peningkatan tekanan dalam otak, gangguan fungsi ginjal yang berat dan ibu menyusui tentunya.

  Sama seperti yang di atas jangan menyalah gunakan obat ini karena jika kalian menyalahgunakan tanpa resep dokter/dosis tertentu bisa menyebabkan overdosis , kalau jantung kalian tidak kuat bisa mengalami kematian. Biasanya obat ini di komsumsi oleh remaja dan biasanya obat ini di jual di tempat-tempat kosmetik/kecantikan (menurutu berita yang ada) 

Komix
  Komix adalah salah satu merek obat batuk sirop dalam bentuk sachet yang dijual secara bebas di pasaran. Obat ini mengandung campuran guaifenesin yang berfungsi untuk mengencerkan dahak (ekspektoran) dan chlorpheniramine yang berperan sebagai antihistamin. Campuran kedua obat ini dapat meredakan gejala batuk dan pilek.

  Berdasarkan kandungannya, terdapat dua jenis Komix, yaitu Komix dan Komix OBH. Pada Komix ditambahkan dextromethorpan yang berfungsi untuk menghentikan batuk dengan menekan refleks batuk pada otak. Komix tersedia dalam 3 varian rasa, yaitu peppermint, jahe, dan jeruk nipis. Sedangkan Komix OBH memiliki tambahan ephedrine yang berperan sebagai dekongestan dan succus liquiritiae yang dipercaya untuk mengatasi batuk. Namun efektivitas succus liquiritiae untuk mengatasi batuk masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

  Sebagian remaja di Indonesia obat Komix di salah gunakan bahkan melibihi dosis yang sudah di tentukan. Jika sudah melebihi dosis efek sampingnya akan mengalami gangguan persepsi visual dan hilangnya koordinasi motoric hingga seseorang tidak merasakan sakit bahkan tidak merasakan kejadian yang menyenangkan.

Antimo
  Antimo adalah merek obat yang mengandung Dimenhidrinat sebanyak 50 miligram sebagai komponen zat aktifnya. Antimo merupakan salah satu jenis antihistamin yang digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah.

  Maka itu, Antimo adalah salah satu obat yang diandalkan ketika mabuk perjalanan atau motion sickness yang disebabkan melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor, kapal, kereta api, atau pesawat udara, dan penyakit vertigo.

  Dimenhidrinat pada Antimo dibantu oleh vitamin B6 sehingga dapat bekerja lebih efektif pada sistem saraf pusat. Caranya, dimenhidrinat menghambat zat histamin dan mencegah adanya rangsangan di saraf otak dan telinga dalam yang menjadi penyebab timbulnya rasa mual, muntah, dan pusing kepala.

  Dan ini biasanya juga di salah gunakan oleh para remaja, alas an nya sih cuman buat penenang diri tapi kalau berlebihan juga bisa bahaya juga kan?
Sudah sampai di sini pembahasan dari saya semoga bisa berguna dan bermanfaat.....

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 Makanan ketika tersesat di hutan

15 Makanan Ketika Kalian Tersesat di Hutan atau Sedang di Gunung   Hello guys kembali lagi besama saya YanssBlog,kali ini saya akan memberikan sedikit informasi. P ernahkan k alian berkemah di hutan atau hiking di gunung..? ? kehabisan logistik atau bahan makanan di hutan atau gunung bisa saja kita alami. Atau mungkin kalian males membuka tas kalian karena takut berantakan tetapi kalian sudah mulai lapar . J angan khawatir saat ini saya akan berbagi informasi tentang makanan-makanan survival yang dapat dicari di sepanjang jalan di hutan atau di gunung......   Sebelum itu saya akan memberitahukan Ciri umum tumbuhan yang dapat dimakan : -Bagian tumbuhan yang masih muda ( pucuk/tunas) -Tumbuhan yang tidak mengandung getah -Tumbuhan yang tidak berbulu -Tumbuhan yang tidak berbau kurang sedap -Tumbuhan yang dimakan oleh hewan mamalia misal : kera Oke kita lanjutkan,ini lah makanan-makanan survival yang kalian bisa temukan di sepanjang perjalanan hutan ataupun gunun

Dampak positif dan negatif meminum kopi

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF MEMINUM KOPI Hello bersama lagi bersama saya di Yanssblog kali ini saya akan memberikan informasi tentang Efek Positif Dan Negatif Meminum Kopi Suka minum kopi ....? Ketika seseorang hendak bangun pagi, bersantai atau bahkan bekerja sekalipun maka tak jarang orang selalu mengandalkan kopi sebagai minuman pendamping.   Sebagai salah satu minuman yang paling populer di dunia, kopi yang mengandung kafein ternyata memiliki efek samping negatif maupun positif bagi kesehatan, namun perlu di ingat bahwa efek negatif kopi hanya berlaku jika diminum secara berlebihan dan beberapa efek dari kopi di antaranya adalah: 1. Efek positif Kopi ·        Kopi dapat membantu meredakan sakit kepala, banyak dari obat sakit kepala dan migrain mengandung kafein dalam jumlah kecil. ·        Kopi merupakan antioksidan efektif. ·        Kopi merupakan diuretic yang baik. Minum kopi membuat orang sering kencing . Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat